Penyebab Dan Gejala Mata Katarak

   
Penyakit katarak pada mata dapat menyebabkan kebutaan
Mata Katarak
       Katarak adalah suatu kondisi terjadinya perubahan pada lensa mata menjadi keruh dan menyebabkan rusaknya fungsi mata dan bahkan dapat berakibat kebutaan total. Dan munculnya penyakit tersebut ditandai dengan gejala seperti.

1. Pengelihatan menjadi buram
2. Sensitif terhadap cahaya
3. Kesulitan melihat dimalam hari
4. Muncul lingkaran saat melihat sinar

        Terdapat 3 jenis penyakit katarak yang sering dialami oleh seseorang antara lain katarak nuklear, subkapsular posterior dan kurtikal.

1. Katarak Nuklear 

        Katarak nuklear atau Nuclear Sclerotik  adalah penyakit yang mempengaruhi pada bagian tengah lensa mata dan ini ditandai dengan pengelihatan menjadi buram dan sulit melihat objek, seperti mata minus atau bisa juga sebaliknya kondisi mata yang mengalami rabun jauh justru menjadi baik dan ini hanya sementara apabila dibiarkan semakin lama akan terjadi penebalan pada lensa mata dan berubah warna menjadi kuning kecoklatan.

2. Katarak Subkapsular Posterior

        Katarak subkapsular postorior adalah penyakit yang dapat mempengaruhi lensa mata bagian belakang hal ini ditandai dengan buramnya area kecil pada belakang lensa dan semakin lama membuat orang yang menderita semakin terganggu pengelihatannya terutama untuk meluhat objek pada tempat yang banyak cahaya. Perkembangan katarak jenis ini tergolong sangat cepat seseorang yang terkena diabetes dan penderita retinitis pigmentosa sangat beresiko terkena katarak jenis ini.

3. Katarak Kurtikal

         Katarak kurtikal merupakan penyakit katarak yang mempengaruhi pada lensa mata dibagian tepi seperti munculnya bercak putih  semakin lama berkembang dab menyebar sampai bagian tengah lensa sehingga berdampak pada masuknya cahaya kelensa menjadi berkurang hal ini ditandai dengan pengelihatan  menjadi buram, kesulitan melihat pada cahaya terang, kesulitan mengukur suatu objek atau benda. Seseorang yang menderita diabetes sangat beresiko terkena penyakit tersebut.

Langkah Pengobatan.

       Pengobatan dilakukan untuk menghindari dampak semakin parah yang dapat menyebabkan kebutaan total dengan melakukan operasi pengangkatan lensa mata yang buram atau rusak dan diganti dengan yang baru.

       

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel