Penyebab Dan Gejala Penyakit Cacar

Cacar air akibat terserang oleh virus dan dapat menular keorang lain
Cacar air


          Cacar air merupakan suatu penyakit diakibatkan oleh adanya infeksi dari virus varicella zoster dan penyakit tersebut dapat menyerang siapa saJa baik anak-anak atau orang dewasa. Ciri dan tanda bila seseorang terkena cacar seperti munculnya bintik - bintik kemerahan yang berisi air dan terasa gatal dan bisa muncul dibagian kulit mana saja. Pada umumnya seseorang yang terkena penyakit ini hanya terjadi sekali .

             Seseorang yang terkena penyakit ini akan menunjukkan gejala- gejala seperti

1. Suhu tubuh naik ( demam )
2. Kepala terasa pusing
3. Nafsu makan berkurang
4. Tubuh terasa lemas
5. Tenggorokan sakit
6. Muncul bintil-bintil merah pada kulit

Penyakit cacar dapat menular pada orang lain hingga 48 jam sebelum terjadinya ruam pada kulit, cara penularannya dapat melalui kontak langsung dengan seseorang yang mengalami sakit tersebut seperti dari air liur, batuk, bersin dan terkena cairan dari cacar. Anak-anak dengan usia dibawah 12 tahun sangat rentang terkena resiko penyakit ini dan juga seseorang  yang mempunyai kekebalan tubuh yang menurun.

               Tindakan untuk pencegahan dapat dilakukan melalui vaksin dan pemberian obat anti virus, antihistamin dan juga obat pereda demam seperti paracetamol. Pada seseorang yang terkena penyakit tersebut sebaiknya menghindari sinar matahari langsung agar bintil-bintik cacar tidak menjalar keseluruh tubuh pada anak-anak adanya pemberian vaksin cacar agar dapat mengurangi tingkat keparahan pada anak yang sedang terjangkit.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel