Penyebab Dan Gejala Penyakit Malaria

Malaria penyakit yang sangat berbahaya karena gigitan nyamuk anopheles yang terinfeksi parasit
Nyamuk Anopheles

          Malaria adalah penyakit yang sangat berbahaya ini disebabkan karena adanya parasit Plasmodium Falciparun yang ditular kan melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi dan penyakit tersebut tidak bisa dianggap sepele. Dalam setiap tahunnya mencapai ratusan ribu jiwa yang menjadi korbannya perkembangan penyakit ini juga sangat cepat disaat sudah mulai menginfeksi pada tubuh manusia dengan kata lain harus ada pemeriksaan dan pengobatan jika sudah ada gajala.

            Penyakit malaria kebanyakan terjadi didaerah tropis atau subtropis yang cukup panas hal ini yang menyababkan parasit malaria dapat berkembang dengan cepat. Sebagian besar penyakit tersebut terjadi diwilayah Afrika dan Asia tenggara sedang untuk negara penyumbang kasus malaria terbanyak seperti negara Nigeria, Republik Kongo, Mozambik, India dan Uganda.

             Penyakit malaria dapat terjadi pada saat nyamuk anopheles yang terinfeksi plasmodium dan menggigit tubuh manusia maka parasit ditularkan dan dilepas masuk kedalam aliran darah manusia dan akan berkembang didalam hati sehingga dalam waktu hitungan hari saja dapat menyerang sel darah pada manusia sedangkan gejala yang sering muncul seperti panas demam, sakit kepala, perut terasa mual, muntah dan harus segera melakukan pemeriksaan.  Dalam penanganannya penderita malaria dapat dilalukan dengan pemberian obat anti malaria yang disesuaikan dengan jenis parasit.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel