5 Manfaat Dan Khasiat Kunyit Dalam Dunia Kesehatan

   
Tanaman kunyit berkhasiat menyembuhkan beberapa penyakit sebagai jamu tradisional
Kunyit

        Kunyit adalah salah satu tanaman yang berasal dari india dan beberapa wilayah di asia tenggara termasuk Indonesia . Selain sebagai bumbu memasak ternyata kunyit juga berkhasiat untuk dijadikan obat alami atau herbal hal ini dikarenakan terdapat kandungan senyawa aktif dalam curcumin karena itulah kunyit sering dipakai dalam bentuk jamu tradisional.

        Kandungan aktif curcumin merupakan zat anti oksidan alami dan zat antiinflasi dapat meningkatkan resistensi sel terhadap kerusakan, infeksi, peradangan, mencegah penyakit degeneratif, dan memperlambat proses penuwaan.

Beberapa khasiatnya antara lain

1.Menyembuhkan arthritis

Arthritis merupakan penyakit pada sendi yang diakibatkan karena peradangan dan adanya kandungan antiinflasi pada curcumin dipercaya lebih efektif dari aspirin dan dapat mengobati radang usus .

2. Mencegah penyakit jantung

Kandungan curcumin pada kunyit dapat meningkatkan fungsi endothelial lapisan membran dalam jantung dan pembuluh darah.

3. Mencegah kanker

Kandungan curcumin pada kunyit bahkan mencegah berbagai macam penyakit kanker seperti usus besar, pankreas, prostat, payudara dan perut dengan adanya senyawa antiinflasi yang terkandung pada curcumin dapat menekan pertumbuhan tumor dan kanker.

4. Mengendalikan diabetes

Curcumin juga mampu dalam menurunkan kadar glukosa yang dapat mencegah diabetes tipe 1 dan 2 ini dikarena adanya kandungan antiinflasi dan anti oksidan yang menekan kadar insulin serta dapat menstabilkan gula darah dan lemak darah.

5. Mencegah alzheimer

Kunyit dapat meningkatkan kesehatan otak dan mencegah penyakit degenaratif seperti demensia dan alzheirmer.







Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel