Penyakit Gondok - Gejala Dan Pengobatannya

     
Gondok munculnya benjolan pada leher dikarenakan kekurangan yodium
Penyakit gondok
         Penyakit gondok atau struma adalah suatu penyakit yang umumnya disebabkan karena kekurangan yodium sehingga dapat mengakibatkan tetjadinya pembesaran kelenjar tiroid secara abnormal. Kelenjar tiroid merupakan bagian dari sistem endoktrin yang berperan dalam memproduksi hormon tiroid seperti Thyroxine ( T - 4 ) dan Triodothyronine ( T-4) dimana hormon tersebut sangat dibutuhkab untuk menjaga merabolisme basal, metabolisme sel dan semua jaringan tubuh.

         Gejala yang dirasakan dari penyakit ini antara lain terjadinya pembengkakan pada leher, batuk dan napas terasa sesak. Meskipun tidak menular namun sebaiknya perlu dilakukan tindakan pencegahan dan pengobatan, dan perempuan lebih beresiko terkena penyakit gondok jika dibandingkan pria.

         Apa saja jenis dari penyakit gondok ini diantaranya adalah.

1. Hipertiroid.

Hipertiroid merupakan kondisi dimana kelenjar tiroid terlalu aktif dalam menghasilkan hormon sehingga jumlah yang beredar didalam darah berlebihan.

2. Hipoteroid.

Hipoteroid merupakan suatu kondisi dimana kelenjar tiroid yang memproduksi hormon dengan jumlah yang rendah.

         Sebagai tindakan pencegahan dapat dilakukan dengan mencukupi kadar yodium yang terdapat pada garam dapur konsumsi sayuran dan bawang putih.

Sedangkan pengobatan secara alami dapat menggunakan seperti

1. Selada air.

Terdapat beberapa kandungan seperti yodium, sulfur, germanium, vitamin B 17 dan juga antioksidan.

2. Bawang putih.

Didalam bawang putih terdapat kandungan antioksidan dan senyawa anti-infamasi yang dapat mengurangi pembengkakan dan mendorong produksi glutathione.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel