Penyebab Dan Gangguan Pada Mata

           
Gangguan pada mata seperti rabun dekat, rabun jauh dan mata silinder
Gangguan mata
             Mata merupakan anggota tubuh kita yang sangat penting dan harus dijaga agar selalu sehat dan tidak mengalami gangguan pengelihatan. Seseorang yang mengalami gangguan pada pengelihatan tentu saja ini membuat tidak nyaman ketika melakukan aktifitas seperti olah raga dan yang lainnya. Beberapa tanda ketika mata mengalami gangguan penglihatan seperti mata cepat lelah, mata memerah dan pengeluhatan menjadi kabur atau buram.

            Gangguan fraksi pada mata antara lain seperti rabun jauh ( Miopia ) , rabun dekat ( Hiperopia )  dan mata silinder ( Astigmatis ) dimana masing-masing dapat menyebabkan gangguan yang berbeda pada mata seperti dibawah ini.

1. Rabun jauh

Rabun jauh adalah kelainan refraktif pada mata berupa citra yang dihasilkan berada didepan retina ketika mata tidak dalam keadaan akomodasi dimana hal tersebut terjadi disebabkan bola mata yang terlalu panjang atau karena kelengkungan kornea terlalu besar yang mengakibatkab cahaya yang masuk tidak dapat difokuskan secara baik dan objek yang jauh akan tampak buram. Rabun jauh dapat diatasi dengan kacamata minus ( sheris ).

2. Rabun dekat

Rabun dekat adalah gangguan pengelihatan pada jarak dekat dimana bayangan  dari sinar yang masuk jatuh dibelakang retina . Hal ini karena bola mata terlalu pendek atau kelengkungan kornea yang kecil dan seseorang  yang memiliki kelainan tersebut tidak dapat membaca pada jarak 30 cm namun dapat diatasi dengan memakai kaca mata positif atau cembung.

3. Mata silinder

Mata silinder merupakan kondisi dimana mata mengalami gangguan seperti kabur dan berbayang dikarenakan bentuk kornea atau lensa memiliki kelengkungan yang tidak sempurna dan ini biasanya dialami salah satu mata saja dapat diatasi dengan menggunakan lensa kontak.

     Agar mata kita senantiasa sehat sebaiknya makan-makanan yang bergizi dan vitamin selain sayuran beberapa buah juga banyak bermanfaat untuk mata kita seperti.

Buah-buahan untuk kesehatan mata

1. Buah pepaya
2. Buah jeruk
3. Buah mangga
4. Buah kiwi
5. Buah stroberi
6. Wortel


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel